Sabtu, 05 Mei 2012

Berapa Jurusan/Prodi yang bisa Dipilih di SNMPTN ?

Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) membuka tiga kelompok ujian, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Lantas, berapa program studi yang dapat kamu pilih?

Seperti dilansir laman resmi SNMPTN, Kamis (3/5/2012), setiap peserta kelompok ujian IPA atau IPS dapat memilih maksimal dua prodi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti. Sedangkan kamu yang mengikuti kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal tiga program studi, dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.

Jangan lupa, urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihanmu. Jadi, pastikan kamu mengetahui benar prodi apa dan kampus mana yang menjadi pilihanmu.

Jika kamu memilih hanya satu prodi, maka kamu bisa memilih prodi dan PTN dari wilayah mana saja. Sementara, bagi kamu yang memilih dua atau tiga program studi, maka salah satu pilihan prodimu harus dari PTN yang berada dalam satu Wilayah dengan tempatmu mengikuti ujian. Sedangkan pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar Wilayahmu. Hal lain yang perlu kamu ingat, selain syarat akademik, beberapa program studi (prodi) juga mensyaratkan bebas buta warna. 

Kamu bisa melihat informasi lengkap tentang daftar prodi, daya tampung tahun 2012, dan jumlah peminat tahun 2011 di laman http://www.snmptn.ac.id.

Pendaftaran Ujian Tulis SNMPTN 2012 sendiri dimulai pada 10 Mei 2012 pukul 08.00 WIB hingga 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id. Untuk menyimak panduan pendaftaran secara lengkap dan tata cara pengisian formulir pendaftaran, kamu bisa membuka laman http://download.snmptn.ac.id.

SNMPTN Jalur Undangan dijadwalkan pada 12-13 Juni 2012 dan Ujian Keterampilan pada 14 dan/atau 15 Juni 2012. Sementara, hasil ujian akan diumumkan pada 7 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.snmptn.ac.id.

Sumber : Kampus.okezone.com