Sabtu, 05 Mei 2012

Melamar Bidik Misi dan SNMPTN

Okezone.com : Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan beasiswa bagi siswa miskin berprestasi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bidik Misi. Sejak diluncurkan beberapa tahun lalu, seleksi penerima Bidik Misi berjalan simultan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Tahun ini, kamu yang sedang bersiap mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis juga bisa melamar pada program Bidik Misi. Pertama-tama, pelajari dahulu prosedur pendaftarannya melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Setelah paham dan melengkapi berkas, kamu bisa langsung mendaftar secara online pada laman yang sama.

Pelamar Bidik Misi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya ujian.

Kamu yang sudah melamar Bidik Misi pada masa pendaftaran Jalur Undangan SNMPTN namun tidak lolos seleksi, juga masih memiliki kesempatan. KAP dan PIN yang kamu miliki, dpaat kamu gunakan kembali untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis tanpa harus membayar biaya ujian.

Tetapi, jika kamu dinyatakan lulus seleksi Jalur Undangan SNMPTN, dan ingin mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis, maka PIN yang kamu miliki dinyatakan tidak berlaku. Kamu juga harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.(rfa)

Sumber : Kampus.okezone.com