Sabtu, 26 Mei 2012

Poltekes Tanjung Karang Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mulai tahun akademik 2012—2013, pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PSB) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Tanjungkarang memakai sistem online atau lewat jaringan internet.

Menurut Direktur Poltekkes Tanjungkarang Sri Indra Trigunarso S.K.M. dengan sistem baru ini calon mahasiswa dapat dengan mudah mendaftar secara cepat dan tepat. "Dengan sistem ini, calon mahasiswa baru tidak usah berbondong-bondong ataupun antre di loket untuk mendaftar. Mereka cukup mendaftar secara online di internet," kata dia, Kamis (10-5).
Selain itu, para peserta atau orang tua peserta tidak perlu bersusah payah mendatangi kampus hanya sekadar melihat pengumuman atau informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan PSB. Karena kapan pun dan di mana pun berada, mereka dapat memperoleh informasi yang diinginkan melalui komputer mana pun yang terhubung dengan koneksi internet.

Pendaftaran akan berlangsung mulai 21 Mei—16 Juni. Calon mahasiswa baru tinggal membuka website Poltekkes Tanjungkarang di www.bppsdmk.depkes.go.id/poltekkestanjungkarang. Setelah itu, klik registrasi baru. Kemudian calon peserta melakukan registrasi dengan mengisi biodata, pilihan program studi (prodi), dan nomor registrasi. Setelah formulir diisi lengkap, berkas formulir dicetak dibawa ke Bank Syariah Mandiri sebagai bukti telah mendaftar. Dari bank akan mendapatkan bukti atau kuitansi pembayaran. Untuk biaya pendaftaran program D-3 Rp100 ribu dan Diploma IV Rp75 ribu. "Setelah melakukan pembayaran, peserta melakukan verifikasi data tanggal 6-16 Juni 2012 di Poltekkes," kata Sri.

Ujian tertulis akan dilaksanakan pada 20 Juni 2012 dan hasilnya akan diumumkan pada 22 Juni mendatang. "Peserta dapat melihat pengumuman melalui media website mulai pukul 00.00 pada 22 Juni mendatang dan papan pengumuman di semua kampus Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang," ujar dia.

Tahun akademik 2012—2013, Poltekkes Tanjungkarang hanya akan menerima 990 mahasiswa. Alokasi tersebut Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Teknik Gigi, dan Farmasi di Poltekkes Tanjungkarang, lalu Kebidanan di Metro, dan Keperawatan di Kotabumi. "Kuota kami memang sedikit dibanding pendaftarnya yang rata-rata setiap tahun mencapai 3.500 orang. Sebab itu, seleksi PSB Poltekkes Tanjungkarang sangat ketat," ujar dia.

Dan, untuk pelaksanaan PSB, Poltekkes bekerja sama dengan Pusat Komputer Universitas Lampung (Puskom Unila). Sehingga proses PSB transparan dan akuntabel. (AST/S-2)

 Sumber : www.lampungpost.com