Sabtu, 05 Mei 2012

Ujian Apa Saja di SNMPTN ?

Okezone.com : Mulai 10 Mei, para siswa SMA kelas XII sudah bisa mendaftar Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nah, sambil menyiapkan berkas pendaftaran, cari tahu juga apa saja materi yang akan diujikan.

Laman resmi SNMPTN 2012, Kamis (3/5/2012) melansir, Ujian Tulis SNMPTN menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal SNMPTN juga dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking).

Jika mengikuti SNMPTN jalur Ujian Tulis, kamu akan mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Dasar (TBSD), Tes Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Tes Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kamu yang memilih program studi seni dan olahraga juga akan mengikuti Ujian Keterampilan.

TBSD akan menguji kemampuanmu dalam bidang Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Tes Bidang Studi IPA akan mengujikan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Dan Tes Bidang Studi IPS mengujimu pengetahuanmu dalam Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Ujianmu akan dinilai dengan ketentuan jawaban benar= +4, jawaban salah = -1, dan tidak menjawab = 0.

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

Ujian Keterampilan pada bidang seni dan olahraga akan digelar di kampus pilihanmu. Kamu bisa melihat daftar lengkap PTN yang memiliki program studi penyelenggara ujian keterampilan di laman http://www.snmptn.ac.id.

Catat ya, Ujian Tulis SNMPTN akan digelar pada 12-13 Juni 2012, dan Ujian Keterampilan pada 14 dan/atau 15 Juni 2012. (rfa)