Kamis, 17 Mei 2012

Unila Terima 80 Persen Jalur Undangan SNMPTN

(Unila): Universitas Lampung (Unila) menerima 80 persen jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada pilihan pertama. Sementara 20 persen dari total seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi para siswa berprestasi SMA sederajat akan dialokasikan pada mereka yang menempatkan Unila pada pilihan kedua.

Demikian diutarakan Rektor Unila Sugeng P Harianto ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/5). "Kita termasuk universitas yang masih melihat pilihan kedua. Sementara ada beberapa universitas yang hanya menerima calon mahasiswa baru jalur undangan pada pilihan pertamanya saja," ujarnya.

Ia mengatakan, kebijakan perguruan tinggi yang lebih memprioritaskan pilihan pertama adalah wajar karena pilihan juga mengidentifikasikan keseriusan si calon mahasiswa pada program studi dan universitas yang dia pilih pada pilihan pertama.

Pihaknya pun tidak menginginkan para mahasiswa yang diterima pada jalur undangan kemudian mengundurkan diri ketika diterima pada program studi yang lebih baik pada tes SNMPTN jalur tulis. Menurutnya, pilihan pertama tentunya adalah pilihan prioritas.

Guru besar Fakultas Pertanian Unila ini pun mengungkapkan, jika terdapat perguruan tinggi yang hanya memilih calon mahasiswa baru pada pilihan pertama itu juga merupakan sebuah kesalahan karena sejatinya penerimaan mahasiswa baru dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2011 memang merupakan hak dan otoritas rektor masing-masing perguruan tinggi.

Ia menginformasikan pada pertemuan seluruh rektor perguruan tinggi pekan lalu, panitia pusat SNMPTN 2012 telah menyerahkan daftar mahasiswa pilihan pertama pada SNMPTN jalur undangan di masing-masing perguruan tinggi untuk diseleksi lagi berdasarkan kebutuhan setiap perguruan tinggi.

Mengenai prioritas Sugeng menyatakan, siswa asal Lampung tentunya memiliki prioritas lebih untuk diterima di Unila dengan catatan siswa asal Lampung memiliki nilai akademik yang baik. Atau memiliki selisih tidak jauh dari siswa asal provinsi lain.

"Jika ada peserta SNMPTN jalur undangan yang memiliki nilai akademik sama baru lah Unila akan melihat daerah asal si peserta. Jika salah satu dari mereka berasal dari Lampung tentu akan kita prioritaskan untuk diterima di Unila," ujar Rektor.

Penerimaan mahasiswa baru jalur undangan memiliki porsi 20 persen dari total mahasiswa yang diterima Unila melalui SNMPTN. 40 persen di antaranya diterima melalui jalur tulis SNMPTN dan sisanya akan diterima melalui Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) bagi siswa miskin dan Ujian Masuk Lokal (UML).

Sementara, Pembantu Rektor I Unila Bidang Akademik Unila yang juga Ketua Panitia Lokal SNMPTN 2012 di Provinsi Lampung Hasriadi Mat Akin menambahkan, pendaftaran SNMPTN jalur tulis dibuka mulai 10 Mei dan akan ditutup pada 30 Mei mendatang. Pendaftaran akan dilakukan secara full online. [Mutiara]

Sumber : unila.ac.id