Rabu, 25 April 2012

Unila Termasuk Universitas Terkemuka di Asia Tenggara

(Unila): Kampus Hijau Universitas Lampung (Unila) merupakan salah satu kawah candradimuka pendidikan yang masuk ke dalam 100 universitas terkemuka di Asia Tenggara. Hal ini disampaikan Pembantu Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Hasriadi Mat Akin, hari ini (24/4) pada Peringatan Hari Kartini di Wisma Unila.
Hal ini menurutnya tak lepas dari peran ibu-ibu dalam mendorong suaminya untuk meningkatkan prestasi sebagai dosen Unila. Ia menerangkan, kemajuan suatu negara dimulai dari unit terkecil yaitu keluarga. Sehingga, istri sangat berperan dalam kemajuan bangsa.
Unila menduduki posisi ke 94 di tingkat Asia Tenggara. Sementara untuk peringkat dunia, Unila berada pada posisi 2.258. Hal ini berdasarkan data dari situs resmi webometrics dunia www.webometrics.info.

Setidaknya terdapat 4 hal yang menjadi dasar penilaian peringkat ini. Pertama, size (ukuran) yang merupakan jumlah halaman referensi tentang universitas dan civitas akademikanya yang didapat melalui mesin pencari google, yahoo, live, search, dan lainnya. Pada penilaian ini, Unila memeroleh 1,286 poin.

Kedua, visibility (ketertampakan) yang merupakan jumlah link eksternal yang berhubungan dengan universitas dan seluruh civitas akademikanya yang dapat di akses melalui mesin pencari seperti diatas. Unila memeroleh 3,070 poin.
Kemudian, ketiga, rich files (dokumen penting) ketersediaan dokumen-dokumen penting dari artikel akademik yang dapat di akses melalui internet, naik dalam format word document, adobe acrobat, microsoft power point maupun format lain. Unila memeroleh  1,593 poin.

Selanjutnya, keempat, scholar (pakar) merupakan adanya karya ilmiah dan kutipan-kutipan ilmiah lainnya yang dapat ditemukan dalam google scholar. Unila memeroleh 2,564 poin.

Selain webometrics, kata Hasriadi, Unila juga masuk dalam penilaian peringkat universitas berbasis Quacquarelli Symonds (QS)-Star. Tahun ini Unila memeroleh 2 bintang. Pada 2011 Unila  telah masuk dalam jajaran universitas yang terdata dalam kategori World Class University versi QS-Star.

QS-Star adalah lembaga internasional yang melakukan pemeringkatan universitas di seluruh dunia. Unila termasuk dalam 4 universitas di Sumatera bersama dengan Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Andalas (UNAND) yang telah masuk penilaian peringkat universitas berbasis Quacquarelli Symonds (QS)-Star.

Prestasi awal yang diperoleh Unila cukup memuaskan karena Unila langsung mendapatkan anugrah satu bintang (One Star). Dalam penilaian universitas, QS-Star menerapkan sistem pemberian bintang mulai dari bintang satu hingga bintang lima. Pemberian bintang memiliki keunggulan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan bila menggunakan sistem berbasis rangking. [HCH]

Sumber : unila.ac.id