Kamis, 17 Mei 2012

Jalur Masuk Unila

Kali ini Unila membuka lima pintu masuk Unila.
40 % kuota untuk ujian tertulis, 20% kuota jalur undangan, 20% ujian mandiri, 10 % Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) dan 10% Penjaringan Bibit Unggul Daerah (PBUD). Daya tampung Unila masih seperti tahun lalu yaitu 4200 mahasiswa.

Perbedaanya tahun ini tak ada jalur Penelusuran Kemampuan Akademik dan Bakat (PKAB) dan jalur kerjasama. Jalur PKAB kini diganti menjadi jalur undangan karena bakat biasanya tak terealisasi sehingga Unila lebih mengkhusukan pada akademik bukan bakat. “Jadi yang bisa masuk adalah yang mempunyai nilai akademik yang bagus, bukan yang mempunyai bakat, ujar Prof Hasriadi Mat Akin. Jalur kerjasama kini ditutup dan diganti dengan PBUD. Karena jalur ini kurang efektif dan dikhawatirkan adanya Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). 

Selain itu tahun ini ada perubahan dalam pembiayaan yaitu adanya biaya tunggal menggantikan SPI. Berbeda dengan SPI yang dibayar dimuka atau maksimal dua semester. Biaya tunggal bisa dibayar cicil hingga delapan semester. Menurut Hasriadi besarnya biaya tunggal akan menunggu instruksi dari Dikti. 

Namun syarat-syarat SNMPTN tahun ini, masih sama dengan tahun kemarin. Hasriadi memprediksi peserta yang mendaftar akan melonjak dari tahun sebelumnya. Dia pun mengharapkan bagi peserta yang tes melalui jalur undangan tak memilih lebih dari satu universitas. Misalnya telah lolos Unila maka tak mengikuti tes dari universitas lain. Karena masih banyak yang mau masuk Unila dan berilah kesempatan pada yang lain, katanya.

Sumber: teknokra.com